Kamis, 02 Februari 2017

Perlengkapan Keselamatan pada Pekerjaan Konstruksi


Peralatan keselamatan kerja

Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan dengan resiko yang tinggi. Bagaimana tidak, pekerjaan konstruksi ini biasanya melibatkan banyak alat berat dan material-material bangunan seperti batu batako atau tiang-tiang besi yang dapat beresiko apabila menimpa pekerja. Oleh karena itu untuk hindari beragam kemungkinan kecelakaan kerja yang dapat terjadi, beberapa pekerja konstruksi ini pun diharuskan untuk memakai perlengkapan keselamatan. Bukan sekedar beberapa pekerja saja, siapapun yang masuk lokasi konstruksi pun harus untuk memakai perlengkapan keselamatan itu. Beberapa alat keselamatan yang harus untuk dipakai itu misalnya saja :

Baju kerja 
Medan yang berat di ruang konstruksi pastinya bikin baju yang dipakai oleh beberapa pekerja pun tidak sama dengan pekerja di kantoran. Baju yang dipakai ini adalah baju yang didesain khusus sesuai sama medan dan pekerjaan, misalnya saja untuk medan dengan radiasi panas yang tinggi, baju akan terbuat berbahan yang bisa merefleksikan panas atau apabila medan yang melibatkan cairan dan beberapa bahan kimiawi maka bahan baju akan terbuar dari plastik atau karet.

Sepatu 
Sepatu atau safety boot yang dipakai pada lingkungan konstruksi ini ada dua yaitu sepatu boot karet dan sepatu boot dengan bahan tebal. Sepatu boot karet umum dipakai pada medan yang berlumpur atau becek, sepatu ini dapat biasanya diperlengkapi dengan metal membuat perlindungan kaki bermaterial tajam dan berat atau cairan kimia. Sesaat sepatu boot dengan bahan tebal atau safety shoes memiliki bentuk seperti sepatu safety boot umum hanya saja terbuat berbahan kulit tebal dan diperlengkapi dengan sol yang tebal dan bergerigi.

Safety Helmet 
Pelindung kepala pastinya jadi perlengkapan terutama yang harus ada di lokasi konstruksi. Helm ini bermanfaat membuat perlindungan kepala bekerja bermaterial bangunan yang jatuh dari atas. Helm yang dipakai ini pun sebaiknya helm yang berstandar SNI atau standard internasional yang lain.

Sarung tangan 
Sarung tangan dipakai membuat perlindungan tangan dari lecet atau terluka pada pekerjaan-pekerjaaan seperti pengelasan atau membawa benda-benda tajam dan kasar. Bahan yang dipakai untuk sarung tangan ini pun bermacam sesuai sama pekerjaan yang dilakukan misalnya saja sarung tangan berbahan kulit untuk pengelasana atau perpindahan pipa besi dan sarung tangan karet untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan.

Pelindung Telinga 
Mesin-mesin atau alat berat yang ada di lingkungan konstruksi biasanya akan keluarkan nada bising saat dioperasikan. Terpaparnya telinga pada nada bising kurun waktu yang lama pastinya dapat mengakibatkan rusaknya, untuk tersebut dipakai pelindung telinga yang dapat berbentuk ear plug atau ear muff untuk melindunginya.

Masker 
Masker dipakai membuat perlindungan saluran pernafasan dari debu dan dan material yang lain yang beresiko di lokasi konstruksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *