Minggu, 05 Februari 2017

Tips Keselamatan Berkendaraan Sepeda Motor

Gerelateerde afbeelding
Apa sajakah tips keselamatan berkendaraan sepeda motor? Saat ini telah makin beberapa orang yang memakai sepeda motor sebagai alternatif untuk pergi. Selain dapat mempersingkat waktu, kendaraan ini dapat cukup nyaman untuk dipakai pergi. Sebagai pengendara, kamu perlu memerhatikan beberapa hal apa sajakah yang perlu dilakukan sebagai cara aman dalam berkendara sepeda motor. Sebab saat ini tingkat kecelakaan sepeda motor juga makin bertambah setiap tahunnya. Karenanya kamu harus lebih siaga dan waspada lagi dalam pergi baik itu dalam jarak yang dekat ataupun yang jauh. Berikut ini tips keselamatan berkendaraan sepeda motor.

Memiliki Kelengkapan Surat Berkendara 

Telah semestinya kamu sebagai pelaku pengendara sepeda motor memiliki kelengkapan surat berkendara. Untuk meyakinkan bila kamu memang telah layak untuk membawa sepeda motor dan menghadapi bila ada kontrol tentang surat-surat berkendara, yakni SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Sinyal Nomer Kendaraan). Ke-2 surat itu harus selalu kamu bawa dimanapun kamu pergi dengan sepeda motor kamu. diluar itu pastikan kamu juga membawa sinyal pengenal yakni KTP untuk berjaga-jaga.

Melakukan Pemanasan Badan 

Hal semacam ini termasuk dalam tips keselamatan berkendaraan sepeda motor agar keadaan badan kamu tetaplah dalam kondisi yang fit dan selalu untuk siap dalam berkendara. Hal ini dapat bertindak dalam melindungi keseimbangan kamu ketika melakukan perjalanan dalam berkendara sepeda motor.

Peralatan Berkendara Dipakai Dengan Komplit 

Sebagai pengendara sepeda motor tentu sudah tahu peralatan apa sajakah yang diperlukan selama berkendara. Kamu harus memakai helm yang memiliki standard SNI terdapat alat pengencangnya agar selama perjalanan tidak terlepas dan terbang. Sepatu safety dan sarung tangan penting juga untuk kurangi terjadinya cidera. Baju dan jaket yang dipakai harus juga bikin kamu nyaman agar dapat membuat perlindungan kamu dari cuaca yang sering beralih. Janganlah lupa juga untuk memakai masker agar tidak terkena dengan cara segera oleh debu dan polusi.

Periksa Kondisi Sepeda Motor 

tips keselamatan berkendaraan sepeda motor yang terutama yang lain yaitu dengan mengecek kondisi sepeda motor kamu. dari mulai rem, kaca spion, lampu, sampai ban. Untuk hindari beberapa hal yg tidak dikehendaki selama berkendara. Janganlah fokus hanya di bagian ban depan bawah.

Melindungi Arah Pandangan 

Posisikan duduk kamu dengan nyaman agar lebih mudah mengatur stang kemudi dan rem. Pandangan kamu harus juga tetaplah terbangun dalam kondisi konsentrasi, baik itu dalam arah depan, kanan, dan kiri. Untuk arah belakang kamu dapat memakai kaca spion yang bisa memberi pandangan kamu segera di bagian belakang.

Mengatur Rem 

Dalam mengatur rem kamu harus mengerjakannya dengan cara seimbang pada rem belakang ataupun rem depan ketika kamu harus memberhentikan sepeda motor kamu. jangan pernah kamu melakukan rem mendadak.

Pemakaian Jalur Jalan 

Sebagai tips keselamatan berkendaraan sepeda motor kamu harus juga memerhatikan pemakaian jalur jalan kamu. sebaiknya sebagai pengendara sepeda motor kamu memakai jalur kiri pada tubuh jalan. Jika ingin memakai jalur kanan maka kamu harus lebih waspada agar tidak menyebabkan kecelakaan.

Pindah Jalur Jalan

Bila kamu ingin melakukan pindah jalur jalan, maka kamu harus memberi aba-aba seperti memakai lampu sein. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar pengendara yang berada dibelakang tahu bila kamu ingin pindah jalur.

Melalui Jalur Persimpangan 

Sama seperti dengan pindah jalur jalan, untuk melalui jalur persimpangan kamu harus juga memberi sinyal seperti memakai lampu sein agar pengendara lain tahu arah mana yang akan kamu pilih dalam persimpangan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *